Jumat, 03 April 2009

Lowongan CPNS Kejaksaan RI 2008-2009 (Baru)

INFO PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA TA 2008 PENGUMUMAN REKRUTMET CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2008


Kejaksaan membuka rekrutmen CPNS untuk ditempatkan d. seluruh Indonesia sebanyak 1.385 dengan perincian:

1. Widyaiswara / Gol lll/b untuk S2 Hukurn (ilmu HuKum) sebanyak 8 orang

2. Dokter Umum / Gol lll/b untuk Dokter Umum sebanyak 2 orang;

3. Dokter Gigi / GoL lll/b untuk Dokter Gigi sebanyak 2 orang

4. Calon Jaksa / Gol Ill/a untuk S1 Hukum (ilrnu Hukum, Hukurn Perdata, Pidana, Tata Usaha Negara. Administrasi Negara, Internasional dan Bisnis/Ekonomi) sebanyak 980 orang

5. Peneliti / Gol Ill/a untuk S1 Hukum (Ilmu Hukum, Hukum Perdata, Pidana, Tata Usaha Negara, Administrasi Negara, Internasional dan Bisnis/ Ekonomi) sebanyak 5 orang

6. Auditor/ Gol Ill/a untuk S I Akuntansi sebanyak 2 orang


7. Pendukung Jaksa / Gol 11/c untuk Diploma Komputer sebanyak 340 orang

8. Pendukung Jaksa / Gol 11/c untuk Diploma Akuntansi sebanyak 58 orang

9. Pendukung Jaksa / Gol lI/c untuk Diploma Kearsipan sebanyak 4 orang

10. Pendukung Jaksa / Gol ll/c untuk Diploma Perpustakaan sebanyak 2 orang

11. Pendukung Jaksa/Gol ll/c untuk Diploma Perawat Gigi sebanyak 3 orang

PERSYARATAN

1. UMUM

a. WNI

b. Usia 13 tahun - 35 tahun

c. Tidak pernah dihukum kurungan / dipenjara

d. tidak pernah diberhentikan dengan tidak horrnat dari PNS

e. Bukan PNS .

f. Cakap, terampil

g. Berkelakuan baik

h. Sehat Jasmani dan rohani

i. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Indonesia

j. Tidak menjadi anggota Parpol

k. Lulus tes rekrutmen

2. KHUSUS

(untuk pelamar Pascasarjana S2):

a. berusia setinggi-tinggiriya 30 th saat lamaran

b. belum menikah dan bersedia tidak menikah sampai diangkat menjadi PNS

c. Tidak buta warna, cacat fisik, tidak bertato dan bebas narkoba serta mempunyai berat badan ideal

d. Berijazah komputer pada program microsoft office dan pengoperasian internet

e. Menguasai Bahasa Inggris dengan nilai TOEFL minimal 450

f. Telah memiliki ijazah S2 sesuai formasi pada saat melamar dengan IPK serendah-rendahnya 3,00

g. Berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B, kecuali untuk propinsi tertentu yang ditetapkan oleh Jaksa Agung.

(untuk PeIamar Sarjana S1):

a. berusia setinggi-tingginya 28 th saat lamaran

b. belum menikah dan bersedia tidak menikah sampai diangkat menjadi PNS

c. Tidak buta warna, cacat fisik, tidak bertato dan bebas narkoba serta mempunyai berat badan ideal

d. Berijazah komputer pada program micosoft office dan pengoperasian internet

e. Menguasai Bahasa Inggris dengan nilai TOEFL milnimal 400

f. Telah memiliki ijazah S-1 sesuai formasi pads saat melamar dengan IPK serendah-rendahnya 2,75

g. Berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi minima! B, kecuali untuk propinsi tertentu yang ditetapkan oleh Jaksa Agung.

(untuk pelamar Diploma III):

a. berusia setinggi-tingginya 27 th saat lamaran

b. belum menikah dan bersedia tidak menikah sampai diangkat menjadi PNS

c. Tidak buta warna, cacat fisik, tidak bertato dan bebas narkoba serta mempunyai berat badan ideal

d. Berijazah komputer pada program microsoft office

e. Menguasai Bahasa inggris dengan nilai TOEFL minimal 350

f. Telah memiliki ijazah D III sesuai formasi pada saat melamar dengan IPK

serendah-rendahnya 2,75

g. Berasal dari perguruan tinggi yang terakreditusi minimal B, kecuali untuk propinsi tertentu yang ditetapkan oleh Jaksa Agung.

> Bagi pelamar S2 Hukum (Widyaiswara), dokter umurn dan dokter gigi, 81 Hukum (Peneliti), S1 Akuntansi dan Tingkat D III Komputer, Akuntansi (pendukung Jaksa), Kearsipan, Perpustakaan dan Perawat bersedia menyatakan tidak akan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ) dan tidak diangkat menjadi Jaksa. selama menjadi Pegciwai Negeri Sipil Kejaksaan R.L, dibuktikan dengan surat pernyataan yang ditanda-tangani oleh yang bersangkutan diatas materai dan dilampirkan dalam berkas pada saat mengajukan Lamaran.

> Bagi pelamar jabatan dokter adalah Dokter Umum / Dokter Gigi yang sudah lulus uji kompetensi yang dibuktikan dengan Surat Tanda Registrasi (STR) yang dikeluarkan oleh Konsil Kedoktoran.

BERKAS LAMARAN

Setiap pelamar mendaftar sendiri (tidak dapat diwakilkan), dengan menyerahkan 2 berkas lamaran yang terdiri dari:

a. Surat lamaran yang ditulis tangan sendiri dan ditujukan kepada Jaksa Agung Muda Pembinaan Up. Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung R.I.

b. Daftar Riwayat Hidup (DRH) singkat ditulis tangan sendiri

c. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai akademik yang telah dilegalisir sesuai kententuan BKN bagi pelamar S2, S1 dan D III sebagaI berikut

- Universitas oleh Rektor / Dekan / Pembantu Dekan Bidang Akademik

- Sekolah Tinggi Ketua / Pembantu Ketua Bidang Akademik

- Akademi dan Politeknik Direktur dan Pembantu Direktur Bidang Akademik

d. Fotocopy sertifikat. / ijazah komputer yang dilegalisir oleh instansi / lembaga yang mengeluarkan

e. Fotocopy sertifikat / ijazah TOEFL yang dilegalisir oleh instansi / lembaga yang mengeluarkan

f. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari POLRI yang dilegalisir YANG BERLAKU PADA SAAT MELAMAR.

g. Fotocopy KTP yang dilegalisir oieh instansi / lembaga yang mengeluarkan

h. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter Puskesmas / Rumah Sakit Pemerintah (asli dan fotocopy)

i. Surat keterangan belum menikah dari lurah / kepala desa (asli dan fotocopy)

j. pas foto terbaru hitam putih, Ukuran 3 X 4 cm sebanyak 10 lembar (Iaki-laki tidak berambut panjang)

k. Surat pernyataan bersedia tidak akan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ) dan tidak diangkat menjadi Jaksa selama menjadi Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan Rl, kecuali pelamar S1 Hukum (Calon Jaksa)

I. Masing-masing berkas lamaran dimasukkan ke dalam stop map sesuai tingkat kualifikasi pendidikan :

- (S2 Hukum, Kedokteran . warna Kuning)

- (S1 Hukum Calon Jaksa: Warna merah dan Calon Peneliti: warna coklat)

- (S1 Akuntansi. warna hijau)

- (D 111 semua jurusan: warna Biru)

PENDAFTARAN

Tanggal 22, 23, 24 dan 25 September 2008 jam 08.00 s/d 12.00 dan 13.00 s/d 15.00, tempat pendaftaran :

KEJAKSAAN AGUNG:

- S2 Hukum

- Dokter Umum dan Dokter gigi

- S1 Hukum dan S1 Akuntansi

- D III Komputer, D III Akuntansi, D III Kearsipan, D III Perpustakaan dan D III Perawat

KEJAKSAAN TINGGI SEl.URUH INDONGSIA (Kecuali Kejati DKl Jakarta):

- S1 Hukum

- D III Komputer dun D III Akuntansi

KETERANGAN:

a. Kejaksaan Agung menerima khusus bagi pelamar yang memiliki KTP Wilayah DKI Jakarta

b. Khusus S2 Hukum, Dokter Umum dan Dokter Gigi, S1 Akuntansi, D III Kearsipan, D III Perpustakaan dan D III Perawat, pendaftaran dan tempat ujian hanya dilakukan di Kejaksaan Agung dan tidak mengikat bagi pelamar yang berdornisili / mempunyai KTP di luar wilayah DKI Jakarta.

c. Masing-masing Kejaksaan Tinggi menenma pendaftaran bagi pelamar yang memiliki KTP di Wilayah Kejaksaan Tinggi setempat, Kecuali Kejaksaan Tinggi DKi Jakarta tidak menyelenggarakan seleksi.

KETERANGAN

a. Pendaftar yang telah memperoleh KTPU (Kartu Tanda Peserta Ujian) berhak mengikuti ujian penyaringan

b. Ujian Tahap I serentak di Kejaksaan Agung R.I dan masing-masing Kejaksaan Tinggi seluruh Indonesia

c. Ujian Tahap I (dengan sistem gugur) terdiri dari:

- Tes Kompetensi dasar (TKD) yang terdiri dari tes pengetahuan umurn (TPU), Tes Bakat Skolastik (TB3) dan Tes Skala Kematangan (TSK)

- Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang terdin dari Tes Pengetahuan Akademik

- TKD dan TKB dilaksanakan pada Kamis tanggal 9 oktober 2008 mulai pukul 06.45 s/d 11.15 WlB, 07.30 s/d 12.15 WITA, dan 08.30 s/d 13.15 WIT (bergantung wilayahnya)

d. Ujian Tahap II meliputi (sistern gugur)

1. S2 dan S1

- Psikotest

- Kesehatan

- Wawancara (pejabat eselon I dan II yang ditunjuk)

2. D II meliputi (sistein gugur):

- Kesehatan,

- Wawancara dan

- Ketrampilan / keahlian

e. Tahap akhir Tes bebas narkoba (sistem gugur)

f. Hanya pelamar yang lulus Tahap II dan lulus tes narkoba yang akan diusulkan memperoleh penetapan Nomor ldentitas Pegnwai (NIP) di BKN

g. Jika BKN menolak karena tidak memenuhi persyaratan misalnya: usia, kualifikasi pendidikan, dan persyaratan, keabsahan ijasah maka perserta ybs dinyatakan gugur.

h. Pada waktu melamar dengan sengaja memberikan keterangan atau bukti yang tidak benar yang seharusnya tidak memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, apabila telah memperoleh NIP dan diangkat menjadi CPNS, maka kelulusan dan pengangkatannya dinyatakan gugur / dibatalkan

LAIN-LAIN

a. biaya yang timbul untuk pemeriksaan psikotest, kesehatan, bebas narkoba, perjalanan, penginapan, dan akomodasi lain selama mengikuti test ditanggung sendiri oleh masing-masing peserta.

b. Lamaran dibawa langsung sendiri

c. berkas lamaran bagi yang telah lulus menjadi Arsip Kejaksaan dan bagi yang tidak lulus akan dikembalikan lagi.

d. bila diterima tapi mengundurkan diri harus membuat surat pernyataan pengunduran diri secara tertulis kepada Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung R.I.

e. jangan terpancing bujuk rayu atau janji yang dapat meluluskan dengan imbalan tertentu

SELAMAT BERJUANG

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama :

Tempat tanggal tahir :

Agama :

Pendidikan :

Formasi yang dilamar :

Alamat :

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa apabila saya dinyatakan lulus dan diangkat menjadi CPNS / PNS Kejaksaan RI, tidak akan menuntut mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa (PPPJ) dan tidak diangkat menjadi Jaksa salama menjadi Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan RI.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila di kemudian hari terbukti pernyataan saya ini tidak benar.

____________- September 2008

Yang membuat pernyataan

materai Rp.6000

Info selengkapnya dapat dilihat di: http://www.kejaksaan.go.id

Rabu, 04 Maret 2009

LOWONGAN JASA MARGA

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, perusahaan terbuka yang bergerak di bidang Pembangunan dan Pengoperasian Jalan Tol baik di dalam maupun luar negeri, membuka kesempatan kepada para Sarjana Warga Negara Indonesia baik pria maupun wanita, sebagai Management Trainee PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan kualifikasi Pendidikan Sarjana (S1) berlatar belakang pendidikan:

1. Teknik Sipil : Umum/Konstruksi/Transportasi
2. Teknik Arsitektur
3. Teknik Elektro
4. Teknik Industri
5. Teknik Informatika
6. Manajemen Informatika
7. Ekonomi : Akuntansi / Keuangan / Perpajakan
8. Manajamen : Manajemen / Bisnis
9. Ilmu Hukum
10. Psikologi
11. Statistik
12. Komunikasi



PERSYARATAN UMUM UNTUK SEMUA JABATAN:

1. Warga Negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani.
2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS / PNS / Anggota TNI / Polri / Karyawan Jasa Marga, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
3. Tidak berkedudukan sebagai CPNS ( PNS / Calon Anggota TNI / Polri serta Anggota TNI / Polri.
4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.
5. Minimal mengerti / mengetahui penggunaan dasar Komputer (microsoft office) dan internet (browsing & surat elektronik)



PERSYARATAN KHUSUS BAGI PELAMAR:

1. Berijazah Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta yang telah mendapat akreditasi (minimal B) atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Departemen Pendidikan Nasional, dengan Persyaratan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).
2. Kualifikasi Pendidikan sesuai dengan posisi yang tersedia
3. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (Iisan dan tulisan);
4. Ketentuan usia adalah : tidak lebih dari 28 tahun pada tanggal 31 Desember 2008, (Lahir pada 1 Januari 1981 atau sesudahnya)



PERSYARATAN KHUSUS BAGI PELAMAR DARI JAJARAN KARYAWAN PT JASA MARGA (PERSERO) TBK. :

1. Merupakan Karyawan Tetap yang terdaftar di Perusahaan.
2. Berijazah Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi Negeri / Swasta terakreditasi atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari Departemen Pendidikan Nasional, dengan Persyaratan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima).
3. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang tersedia
4. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (Iisan dan tulisan) yang akan diuji pada saat Tes oleh konsultan.
5. Ketentuan usia adalah tidak lebih dari 35 tahun pada tanggal 31 Desember 2008 ( Lahir pada 1 Januari 1974 atau sesudahnya)



KETENTUAN LAIN :

1. Aplikasi lamaran hanya melalui on-line . Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
2. Bagi Pelamar yang pernah mengirimkan lamaran ke PT Jasa Marga (Persero) diwajibkan memperbaharui lamaran dengan tatacara ini.
3. Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi ini. Kami tidak melayani alamat e-mail yang salah input oleh pelamar.
4. Setelah mengisi formulir aplikasi dan mengirimkannya kembali secara on-line , pelamar akan mendapat konfirmasi registrasi . Konfirmasi tersebut berisi nomor registrasi yang akan digunakan selama proses seleksi. Anda tidak dapat menerima e-mail registrasi apabila alamat e-mail yang anda input salah dan atau sudah tidak aktif, sehingga anda tidak bisa log-in untuk pengumuman selanjutnya.
5. Pelamar hanya diperkenankan melakukan satu kali registrasi on-line. Untuk itu pastikan Anda telah menuliskan semua data dengan benar, sebelum menekan tombol KIRIM
6. Pelamar wajib mengisi aplikasi dengan data/informasi yang sebenar-benarnya karena data ini akan diklarifikasi dengan benar saat pelaksanaan verifikasi dokumen.
7. Masa waktu registrasi on-lin e adalah 28 Februari 2009 s/d 6 Maret 2009 .
8. Aplikasi yang masuk setelah batas akhir registrasi dan atau tidak melamar secara on-line , dianggap tidak berlaku.
9. Keputusan hasil seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
10. Pada setiap tahapan seleksi, hanya pelamar yang dinyatakan lulus dapat masuk ke tahap seleksi berikutnya.
11. Proses rekrutmen dan seleksi ini tidak dikenakan biaya apapun .
12. Segala biaya transportasi dan akomodasi para pelamar menjadi tanggungan pribadi pelamar.
13. Pengumuman hasil seleksi administrasi dan pelamar yang berhak mengikuti seleksi selanjutnya dapat dilihat di website www.ppm-rekrutmen.com dan www.jasamarga.com pada Rabu, 11 Maret 2009 , pukul 21.00 WIB.



PENTING UNTUK DIPERSIAPKAN :

1. Bagi Anda yang kemudian dinyatakan lolos seleksi administrasi, akan diminta hadir pada Tes Tahap I di lokasi dan waktu yang tercantum di bawah dengan membawa dokumen dan kelengkapan sebagai berikut :
1. Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku, asli dan fotocopy
2. Fotocopy ijazah yang sesuai dengan persyaratan pendidikan dan telah dilegalisir oleh pejabat berwenang
3. Fotocopy transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang
4. Fotocopy sertifikat keahlian lainnya yang relevan
5. Data Riwayat Hidup yang harus didownload dari website www.ppm-rekrutmen.com dan www.jasamarga.com setelah Anda log in, data riwayat hidup yang telah diisi diserahkan dalam bentuk print out
6. Kartu Peserta Seleksi yang harus didownload dari website www.ppm-rekrutmen.com setelah Anda log in. Mohon dilengkapi dan ditempel foto, kemudian dibawa dalam bentuk print out pada setiap tahapan tes
7. Pas Foto Berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar
8. Surat Pernyataan yang harus didownload dari website www.ppm-rekrutmen.com dan www.jasamarga.com setelah Anda log in, surat pernyataan yang telah diisi dan ditandatangani di atas materai diserahkan dalam bentuk print out
9. Alat tulis: pensil 2B, bolpoint, dan penghapus
2. Seluruh berkas dimasukkan ke dalam map folio berwarna biru, yang sudah dituliskan nama dan nomor registrasi Anda.
3. Mohon mempersiapkan seluruh dokumen dengan lengkap dan benar. Jika ditemukan ketidaklengkapan dokumen dan/atau ketidaksesuaian data pada dokumen dengan berkas lamaran, Anda akan dinyatakan gugur pada Tes Tahap I



JADWAL RANGKAIAN KEGIATAN TES :
1. Tes Tahap I : Tes Inteligensi, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Akademik
Waktu : Sabtu, 14 Maret 2009, pukul 08.00 – 16.00
Lokasi :

Gedung Bina Manajemen – PPM Manajemen
Jl. Menteng Raya No. 9, Jakarta Pusat (Seberang Tugu Tani)
Pengumuman :

Sabtu, 14 Maret 2009 via website www.ppm-rekrutmen.com dan www.jasamarga.com pukul 19.00

2. Tes Tahap II : Tes dan wawancara psikologis
a. Tes psikologis tertulis
Waktu :

Minggu, 15 Maret 2009, pukul 08.00 – 12.00
Lokasi :

Gedung Bina Manajemen – PPM Manajemen
Jl. Menteng Raya No. 9, Jakarta Pusat (Seberang Tugu Tani)
b. Wawancara psikologis
Waktu : Senin – Rabu, 16-18 Maret 2009, pukul 08.00 – 16.00 (rincian jadwal wawancara dapat dilihat pada saat mengakses pengumuman hasil Tahap II via website)
Lokasi :

Gedung Bina Manajemen – PPM Manajemen
Jl. Menteng Raya No. 9, Jakarta Pusat (Seberang Tugu Tani)
Pengumuman :

Rabu, 25 Maret 2009 via website www.ppm-rekrutmen.com dan www.jasamarga.com pukul 21.00

3. Tes Tahap III :

Wawancara User (waktu dan lokasi diberitahu kemudian)

4. Tes Tahap IV :

Tes Kesehatan (waktu dan lokasi diberitahu kemudian)

Form aplikasi bisa dibuka di http://www.jasamarga.com/

Kamis, 19 Februari 2009

Imunisasi TT

Oleh : Amar Subagiyo


Menikah merupakan impian setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan yang memasuki usia dewasa. Setelah menemukan pasangan yang dirasa tepat dan ditetapkan tanggal pernikahan, maka persiapan akan segera dimulai. Persiapan tersebut berupa persiapan fisik , mental dan adminstrasi. Tujuan menikah antara lain mempunyai anak atau keturunan bukan?

Salah satu persiapan adminsitrasi adalah melengkapi berkas di KUA. Diantara berkas tersebut ada surat keterangan selesai TT(anti tetanus) kalau tidak salah dikeluarkan oleh Bidan atau Puskesmas tempat domisili calon penganten wanita. TT ini adalah wajib bagi wanita, dan berlaku sejak sekitar tahun 1986.

Kalau di pihak perempuan, atau anda sendiri gadis yang mau menikah berhati-hati dan cari tahu terlebih dahulu dari pengalaman saudara-saudara anda dan perlu dipertimbangkan. Dalam kasus inilah saya hendak berbagi pengalaman.

Saya seorang laki-laki. Kebetulan saya menikah tatkala wajib imunisasi TT untuk calon pengantin merupakan aturan baru. Dan kebetulan lagi saya menikah bersamaan dengan adik perempuan saya, sebut saja A Calon istri saya tidak ikut TT sedangkan A ikut TT karena rumahnya dan mempunyai hubungan sangat dekat dengan bidan di wilayah kerjanya.

Setelah menikah, istriku langsung telat bulan alias ada pertanda hamil. Sementara A baru mulai hamil 3 bulan kemudian. Tukar cerita dengan adik-adik lain, terlontar kalimat salah satu adik : kok tertundanya seperti suntik KB atau anti hamil ya ? Akupun mulai memikirkan hal itu.

Lebih-lebih beberapa tahun kemudian ada temen perempuan yang kawin dan sudah pasti ikut TT. Ternyata kehamilannya tertunda 6 bulan walau dia tidak ikut KB.

Periode berikutnya, waktu lebaran aku berkunjung ke rumah Pak Lik di Wuluhan (desa kelahiranku), ternyata adik sepupu perempuanku telah menikah 8 bulan sebelumnya, tetapi belum hamil juga. Dia mulai khawatir minta saran dan doa. Aku bilang (walau ragu-ragu): jangan khawatir, banyak berdoa sendiri, setelah pernikahan 1 th insyaalah akan hamil. Dan ternyata betul, setelah selang 1 tahun adik sepupu saya mulai mengandung?

Pertanyaannya : apakah imunisasi TT merupakan program KB terselebung? Pertanyaan ini akhirnya menghantuiku dan sampai sekarang belum mendapatkan jawaban pasti. Dan keraguanku semakin menggila setelah secara tidak sengaja membaca di sebuah media (namun aku lupa media apa itu, karena sekilas dan sudah lama), ternyata di Australia mempunyai program yang sama yaitu imunisasi TT . Lucunya program imunisasi TT tersebut hanya diperuntukkan bagi suku asli Australia : Aborigin. Dan dikemudian hari terbukti (masih menurut media tsb) ternyata imunisasi TT di Australia tersebut adalah suntikan penundaan kehamilan alias KB.

Celakanya, akhir-akhir ini periode penundaan kehamilan tersebut makin lama. Mula-mula hanya 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun dan akhirnya menjadi 2 tahun. Dan ternyata untuk yang terakhir ini banyak dilihat di sekitar kita pasangan yang belum punya anak atau keturunan walau sudah 4 -8 tahun menikah tanpa ikut KB tetapi ikut TT.

Berdasarkan pengalaman tersebut dan diskusi dalam keluarga, adik perempuanku yamg lain sebut saja B, tidak ikut TT pada waktu akan menikah sekitar 4 tahun lalu. Bisa di tebak, ternyata B langsung memperlihatkan gejala mengandung setelah 1 bulan menikah. Kini B telah memilik 2 anak. Alhamdulillah. Betul seperti yang anda tebak, B tidak ikut TT tetapi membayar bidan untuk memperoleh surat keterangan suntik TT.

Namun aku tidak menutup mata, ada beberapa gadis yang menikah disekitarku dan ikut TT tetapi bisa punya keturunan dalam tempo relatif cepat. Hal ini menimbulkan pertanyaan baru di benakku, apakah yang memiliki kondisi dan kandungan bagus walau ikut TT , tidak mempengaruhi waktu kehamilannya? Dan berpengaruh sebaliknya jika kondisi tubuh dan kandungan kurang fit. Yang lebih memprihatinkan kini banyak dijumpai pasangan yang belum punya anak walau sudah menikah cukup lama, walau tidak ikut KB.

Menurutku, yang paling tepat meneliti tuntas masalah ini adalah Lembaga/Yayasan Perlindungan Konsumen. Lembaga ini dapat melakukan penelitian diam-diam, dan jika hasilnya positip bahwa imuisasi TT = KB, dapat memberikan masukan kepada pemerintah. Misalnya program tersebut jangan menunda sampai tahunan, tapi cukup 6 bulan saja. Dan yang terpenting adalah adanya pemberitahuan yang fair kepada calon pengantin, agar mereka tidak gelisah dalam periode penantian itu.

Bagaimanapun juga KB sebenarnya merupakan program pemerintah yang perlu mendapat dukungan luas di kalangan masyarakat. Tetapi jangan sampai program bagus ini sampai berimplikasi jelek dan meluas di kalangan warga negara di kemudian hari. Bisa dibayangkan kecemasan dan berapa uang yang dihabiskan dalam berbagai upaya untuk mendapatkan seorang putra/i. Bahkan bisa-bisa akibat yang paling buruk adalah terjadinya perceraian di beberapa pasangan suami istri.

Berdasarkan penuturan diatas, pengunjung dapat mempertimbangkan masalah ini baik-baik. Ini semua untuk kebaikan bersama.

Sumber: copy dari http://wuluhanputro.blogspot.com/2007/09/imunisasi-tt-kb.html
Semoga usefull...

Surat Surat Menuju Nikah

menjelang pernikahan, kita urus surat-surat penting dulu... surat pengantar dari CAPA (Calon pengantin Pria. mo tahu apa aja syarat nya?

Surat pengantar dari Calon pengantin Pria, Syaratnya:
1. Pas Photo
2. FC Akta Kelahiran
3. FC KK orang tua
4. FC KTP
5. FC Ijazah Terakhir

selanjutnya bawa dokumen-dokumen itu ke kelurahan. Selanjutnya isi sebendhel formulir. Isi aja sesuai data-data yang ada. Setelah dapat ACC dari pak Lurah, pak Modin nya ngeluarin surat nama nya "Boro Nikah" tuh surat bakalan ditujuin ke alamat KUA nya Calon Pengantin Putri.

Step by Step to WEDDING

6-12 Bulan Sebelum Hari-H

1. Tetapkan hari dan tanggal pernikahan
2. Tentukan anggaran dan gaya pernikahan yang diinginkan
3. Tentukan jumlah tamu yang akan diundang
4. Pesan tempat untuk resepsi
5. Buat daftar tamu
6. Tentukan pengiring wanita, pengiring pria dan pengiring-pengiring lainnya
7. Temui dan kunjungi desainer, tentukan dan pilih gaun pengantin
8. Pilih dan pesan catering
9. Putuskan tujuan honeymoon, lakukan pemesanan tempat dan transportasi

4-5 Bulan Sebelum Hari-H

1. Selesaikan daftar tamu
2. Hubungi pastur / pendeta, tentukan waktu dan tempat pemberkatan
3. Pilih dan pesan kartu undangan
4. Tentukan tema warna gaun yang akan dikenakan serta bunga-bunga dekorasi
5. Beritahukan kepada Ibu dan calon mertua agar mereka merencanakan gaun yang akan dikenakan sesuai dengan tema warna yang dipilih
6. Pilih dan beli/sewa gaun untuk pengiring pengantin wanita
7. Pilih jas untuk pengantin pria dan pengiringnya
8. Pilih dan tentukan dekorasi pelaminan / ruang pesta
9. Pilih dan hubungi photographer, baik untuk studio, liputan dan video
10. Pilih dan pesan kendaraan pengantin dan panitia
11. Pilih dan pesan kue pengantin
12. Booking MC dan music pengiring
13. Pesan cincin kawin

2-3 Bulan Sebelum Hari-H

1. Ambil formulir pendaftaran pernikahan, dan siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan
2. Lakukan pengecekan kesehatan pra-nikah
3. Konfirmasikan honeymoon (buat paspor bila perlu)
4. Hubungi desainer untuk waktu mengepas gaun

6-8 Minggu Sebelum Hari-H

1. Tulis dan atur pengiriman undangan
2. Selesaikan menu makanan dengan pihak catering
3. Pesan minuman anggur untuk resepsi jika dikehendaki
4. Siapkan bingkisan untuk para pengiring
5. Kunjungi penata rambut, putuskan model yang diinginkan. Booking untuk hari pernikahan.
6. Lakukan test make-up
7. Tentukan musik pengiring pernikahan, konsultasikan dengan MC dan pemain musik

4-5 Minggu Sebelum Hari-H

1. Kirim kartu undangan
2. Ambil pesanan cincin kawin, pastikan grafir inisialnya benar
3. Pesan traveller cheque/mata uang asing untuk honeymoon

2-3 Minggu Sebelum Hari-H

1. Susun jadwal acara pernikahan, gandakan dan berikan masing-masing: keluarga pengantin, para pengiring, panitia, supir, petugas photo dan video
2. Konfirmasikan jumlah undangan dan hal-hal lain yang diinginkan kepada pengurus gedung dan catering
3. Konfirmasikan semua pesanan dan detail untuk bunga, sewa kendaraan, photographer, dekorasi, kue, mobil, pemain musik dan lainnya.
4. Mencoba gaun pengantin lengkap dengan aksesorisnya.
5. Periksa ukuran, kenyamanan dan lainnya, bila ada yang harus disempurnakan. Biasakan menggunakan sepatu yang akan digunakan di hari pernikahan agar terasa lebih nyaman
6. Siapkan barang-barang yang akan dibawa ke rumah baru
7. Lakukan facial dan lulur ke ahlinya.

1 Minggu Sebelum Hari-H


1. Bersantailah, yakinkan semuanya akan beres
2. Berkemas untuk honeymoon, lengkapi dan beli kebutuhan-kebutuhan yang muncul belakangan
3. Konfirmasikan sekali lagi semua pesanan yang telah dilakukan, sekedar untuk mengingatkan

source:Milis Penikahan